| Terimakasih atas kunjugnan sobat bloger, Semoga artikel-artikel yang saya buat dapat bermanfaat | Sobat bloger juga dapat melihat semua isi artikel saya di menu Daftar Isi | Dan saya memohon doa sobat sekalian agar saya dapat mewujudkan tujuan dan cita - cita saya ^^ Terimakasih, Salam Bloger |

Kamis, Desember 27, 2012

thumbnail

Cara Mentransfer File dengan Wireless LAN

Baiklah sobat bloger yang berbahagia, pada kesempatan ini saya akan berbagi ilmu saya yang telah saya dapat dari pengalaman saya juga yaitu Cara Mentransfer File dengan Wireless LAN (Adhoc dan sebagai-nya) di Windows 7. Pertama kali saya dapat ilmu ini ketika saya di ajarkan tentang kabel LAN (UTP) tepatnya cross dan straight dan IP-IP oleh guru saya. Q : “lho kog beda gan sumber pengalamannya dengan apa yang di post kan ?”, A : “ya,.. itulah jalan pemikiran saya dan bukti bahwa itu lah yang saya temukan :D”


Note : For The Englis Langue you can translate this @ google translate ^^, hope you have nice day ^^

Baiklah, langsung saja berikut caranya

 Step 1 => Ketentuan
~. Kalian harus terkoneksi dalam suatu jaringan Wireless, Wireless LAN, Hotspot atau pun Wifi, dengan cara membuat jaringan Wireless Lan yang telah saya posting di postingan sebelumnya disini (direkomendasi oleh saya), atau alternatif lain bila ada hotspot / wifi kalian conect saja di situ (tidak direkomendasikan)
~. Pastinya membutuhkan 2 komputer atau 2 laptop lebih
~. Sebelum kalian mulai untuk mentransfer file, kalian harus men-setting laptop atau komputer kalian agar orang dapat mengirim dan mengambil file / data dari komputer atau laptop kalian

Step 2 => Setting
Cara settingnya sebagai berikut :
~. Click start => Control Panel => Network and Internet => Network and Sharing center, intinya cari Network and Sharing Center di Control Panel. Bila sudah, click menu Change advanced sharing setting, seperti gambar di bawah ini




















~. Lalu, akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini




















Click panah bawah pada bagian Home or Work
~. Akan tampak seperti gambar di bawah ini






















Set Seperti gambar, Turn on “Network discovery”, Turn on “File and printer sharing”, Turn on “Public folder sharing”, Use 128-it “File sharing connection”, Turn off “Password protected sharing”, Allow “HomeGroup connections” (optimal), lalu Save changes.


~. Lakukan hal yang sama seperti step 2 ini pada laptop / kompter teman yang lainnya (pada laptop / komputer yang ingin kita transferkan file atau yang akan kita ambil filenya *dengan persetujuannya)

Step 3 => Transfer File

          Bila sudah di buat jaringannya dan di setting, saatnya mentransfer, lakukan langkah berikut :
~. Untuk laptop / komputer yang menjadi host silahkan connect jaringan yang telah di buat tadi (di rekomendasikan oleh saya) atau alternatif connect hotspot / wifi (tidak di rekomendasikan)
~. lalu laptop / komputer yang lainnya connect di jaringan yang sama yang telah dibuat oleh host (yang telah di tentukan bersama) atau connect hotspot / wifi yang sama dengan host (tidak di rekomendasikan) hanya alternatif saja.
~. Seperti gambar di bawah ini *untuk lebih detail-nya ke sini

Status host telah connect dengan jaringan yang telah dibuat seperti gambar di bawah ini :

Di laptop / komputer teman yang ingin connect gambarinya seperti di bawah ini :
Status lebih dari 2 laptop / komputer terkonnect seperti gambar di bawah ini :

~. Bila sudah terkoneksi tinggal cari file yang akan di kirim, sebagai contoh saya akan mengirim file Epsxe tinggal copy atau cut, seperti biasa seperti gambar di bawah ini





















~. Setelah kalian copy atau cut filenya, Buka My Computer, lalu click Network pilih nama laptop / komputer teman kalian click 2x, buka folder User, buka lagi folder Public, lalu paste-kan di situ, seperti gambar di bawah



























Bila kalian menggunakan Tera Copy maka saat transfer akan muncul jendela Tera Copy
Selesai deh Step 3 lalu di lanjutkan ke Step 4

Step 4 => Pengambilan File atau Data

Akhirnya sampai juga ke langkah pengambilanfile atau data, untuk mengambil data yang sudah di transfer berikut caranya :

       ~. Di laptop / komputer yang telah kita transfer buka C:\ => User => Public, lalu ambil filenya yang sudah di tranfer tadi seperti mengambil file pada umumnya ^_^





















*Untuk Windows xp caranya hampir mirip, karena ini adalah tips dasar dalam mentransfer File, jadi cari-cari sendiri ya sekalian belajar, ambil inti2nya aja dari postingan ini, pasti bsa kok ^^
*Sebenarnya untuk windows 7 dalam berbagi file sudah ada dalam HomeGroup tapi karena ada beberapa windows 7 yang sp 1 (update dari beta) HomeGroup-nya gx di aktifin jadi gx bsa pake HomeGroup, makanya pake ini ^^
*Ke-unggulan memakai tips ini antara lain :
~. Ketika ada tugas meeting, tugas sekolah, tugas kuliah lah atau apa gtu kalian  naruh filenya di fd / HD eksternal lalu kalian lupa tuh bawa barang-nya jadi ketinggalan, tapi kalian bawa laptop ya selamat deh, ^^
~. Dapatkan lagi keuntungannya dari pengalaman bersama tips ini ^_^


Sekian dan terima kasih, semoga ilmu yang saya bagikan ini bermanfaat dalam hal kebaikan bagi sobat bloger ^_^

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

31 Comments

avatar

thanks untuk artikelnya. sangat bermanfaat :)

Reply Delete
avatar

yup sama ^^
Terimakasih kembali telah berkunjung dan sempat meluang kan waktu-nya untuk berkomentar ^^

Reply Delete
avatar

bantu dong gan, ane mraktekin kagak bisa2 nih-_-

Reply Delete
avatar

oke mas anon,.. saya bantu,.. di mana nya yang gx isa2 ini ?
*saran mas,.. masuk di menu forum aja,. yang ada di atas terus pilih create topick nah buat pertanya-an2 yang gx bisa nya di situ, akan lebih bagus lagi pake Screen shoot :D

pokok-nya itu yang terpenting dan gx boleh enggak itu ada di step 1 dan 2-nya mas :D
saya sudah make cara di atas berkali2 dan berhasil,.. :D
saya tunggu di forum,.. kalau mau,..
di sini juga gx apa2 hha :D

Reply Delete
avatar

makasih infonya sob,, udah berhasill,, semoga sukses blognya

Reply Delete
avatar

Oke selamat ya sob,.. terima kasih kembali ^^

Reply Delete
avatar

ane coba nanti sobat....thks...dah berbagi....

Reply Delete
avatar

thanks infonya, sangat membantu.. btw mau tanya nih gan, kalo mau buka2 file dari komputer target tanpa copy paste bisa ga?

Reply Delete
avatar

bisa gan,.. di coba aja :D
tpi lama ntar loadingnya :D

Reply Delete
avatar

pada dasarnya sma sja intinya,. connect,.. setting biar bisa share file trus transfer,.. selesai
berhubung saya sudah lama tidak pakai xp lagi,.. karna udah gmana gitu,.. jadi saya sudah lupa klimat2 step nya hha :D
tpi pda dsarnya sma kog langkah2nya,.. coba2 aja dlu sndiri gan,.. klo mau lanjut msh bnyak yang gx tau samperin aje forum ane ^^
tq,..

Reply Delete
avatar

Berhasil.maksih atas infonya. Laptop saya tidak bisa baca fd dan sebagainya krn portx rusak. Dengan artikel ini saya sdh bisa transfer file sesuka hati.. hehehehe

Reply Delete
avatar

sip (y)
terimakasih kembali telah mampir ^^

Reply Delete
avatar

Gan saya koq malah limited acces ya?

Reply Delete
avatar

kalau pake win8 caranya gimana gan

Reply Delete
avatar

Gan Saya mw nanya, maksud.a diperlukan 2 laptop ato lebih maksud.a apa y? 1 laptop Saya sama 1 laptop temen Saya ato gmna? Hhe sory kurang paham

Reply Delete
avatar

maksudnya tuh 1 laptop yang punya file buat di kirim, 1 laptop yang menerima file,.. jdai 2,.. terserah mau 2 2-nya laptop kamu ato 1 laptop kamu, 1 laptop tmen kamu.

Reply Delete
avatar

thanks min , sarannya sangat bermanfaat (y)

Reply Delete
avatar

gan kalo saya pake hotspot hp saya, kena kuotanya banyak gak tuh gan..?

Reply Delete
avatar

Tergantung apa yg di download atau yg d buka gan,.. jikalau cuma untuk main game server indo sedikit makan kuota,.. kalau server luar contoh game yg servernya d singapure aja akan makan kuota yg cukup besar,.. terus pastikan kalau main game tidak ada aplikasi atau software update di belakang layar yg sedang berjalan,.. karna itu akan sangan banyak memakan kuota,..
~. Kalo agan gunain buat buka situs dari web browser dari pc akan beda dengan pemakaian browser dari hp,.. lebih banyak memakan kuota yg dari pcnya,..
~. Beda lagi kalau d pake streaming,.. klo streaming atau nonton online,.. besar video udah d tentukan jadi kuota yg termakan y sebesar ukuran video tsb,..
Kurang lebihnya sperti itu,.. semoga membantu,..

Reply Delete
avatar

gan mau nanya nih
case : saya mau ngambil data dari komputer (win 7) ke laptop (win 8) apa bisa dengan cara aagan diatas?

Reply Delete
avatar

conected tp gk ada internet accses bisan kan ?

Reply Delete
avatar

bisa gan karna default nya emang gx internet accses :D
thx

Reply Delete
avatar

Gan, klo cuma transfer file dari PC 1 ke PC 2 kena quota ga gan ? thx

Reply Delete
avatar

mksih loh mas, berhasil saya, smpet lupa pelajaran skolah, pas baca artikel ini serasa balik ke masa sekolagh:D

Reply Delete
avatar

Enter your comment...kok punya saya gak connect ya gan. apa harus pake access point?

Reply Delete
avatar

thanks gan artikelnya, sangat membantu...
solder uap

Reply Delete
avatar

ya sama2 mba,. saya juga nostalgia baca ini lagi :D

Reply Delete