| Terimakasih atas kunjugnan sobat bloger, Semoga artikel-artikel yang saya buat dapat bermanfaat | Sobat bloger juga dapat melihat semua isi artikel saya di menu Daftar Isi | Dan saya memohon doa sobat sekalian agar saya dapat mewujudkan tujuan dan cita - cita saya ^^ Terimakasih, Salam Bloger |

Minggu, Mei 13, 2012

thumbnail

Cara Membuat Jaringan Lan Tanpa Kabel Lan

Cara Membuat Jaringan Lan Tanpa Kabel Lan (UTP) di Windows 7

Baiklah, sobat blogger yang berbahagia, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu yang saya dapat dari pengalaman saya yaitu : CARA MEMBUAT JARINGAN LAN TANPA KABEL LAN (UTP) dengan Wireless yang telah ada pada windows 7.
*untuk Manfaat atau kegunaan dan kekurangannya silahkan ke sini
*note for englis langue you can translate this at google translate ^_^

Langsung saja berikut langkah – langkahnya :
Ø Click Kanan Pada Icon Wireless Network Connection yang ada di system tray, terletak di pojok kanan bawah, seperti gambar di bawah ini :


ØPilih Open Network and Sharing Center, lalu muncul jendela seperti di bawah ini :

Ø Pilih menu Set up a new connection or network, lalu akan muncul jendela seperti di bawah ini :

ØCari dan pilih Set up a wirelless ad hoc (computer-to-computer) network, tekan tombol Next,  lalu muncul jendela seperti di bawah ini :

Ø Tekan Next lagi, lalu muncul jendela seperti ini :
Isi Network name : sesuai keinginan sobat,
lalu di Security type : click tanda panah bawah warna hitam pilih No authentication (Open) agar komputer / laptop yang lain dapat connect dengan kita,
bila sudah centang kotak Save this network dengan mengeclicknya,
lalu tekan tombol Next dan muncul gambar seperti di bawah ini :

Lalu tekan aja tombol Closenya selesai deh ^_^
Ø Untuk Cara Penggunaannya dan Manfa’at Serta Kekurangannya langsung aja ke sini
Sekian Ilmu yang dapat saya bagikan kepada sobat blogger, semoga ini bermanfaat bagi anda yang membacanya terimakasih :D

Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

30 Comments

avatar

Postingan yang Sangat bagus dan menarik untuk dibaca tentang cara membuat jaringan LAN tanpa kabel.... Saya suka mengunjungi blog ini.

Reply Delete
avatar

Terimakasih atas komentarnya ^_^
saya senang membacanya,..
bila ada yang kurang jelas dan ingin di tanyakan silahkan berkomentar lagi ya,. jangan sungkan ^_^

Reply Delete
avatar

saat ane coba kok yang di windows lain gak ada ya? seperti windows XP dll

Reply Delete
avatar

Coba lebih spesifik lagi gan yang kagak ada itu apa nya ? di bagian mananya ?

coz saya sendiri udah gunain ini 100% berhasil,.. baik untuk ke windows 7 ke xp dan ke win 8,..
karena saya sering maen Dota dg kawan2 saya dengan tips di atas gan ^^

Reply Delete
avatar

bro win 8 gmana? gagal, dah d create tpi msh gak ad

Reply Delete
avatar

wah salah tulis di kementar nih ane hha :D
yang "coz saya sendiri udah gunain ini 100% berhasil,.. baik untuk ke windows 7 ke xp dan ke win 8,..
karena saya sering maen Dota dg kawan2 saya dengan tips di atas gan ^^"
maksud ane itu buat jaringannya dari windows 7, dan bsa di pake buat semua OS yang support Wifi (Wireless), baik dari windows 7 ke Xp bsa, ke win 8 juga bsa (jaringan yang di buat di windows 7 bsa di pake oleh win 8 dan Xp)

Q:nah kalo buatnya dari windows 8 gmana ?
A:dari windows 8 sendiri itu memang tidak ada fitur create adhocnya (sudah di hapus oleh windows). tapi tenang saja masih ada jalan, kalo pengen tetep buat jaringan lan tanpa kabel di windows 8 ane saranin pake Conectify cari aja di google banyak, ya walau pun ada cara membuat sendiri dg CMD di windows 8, tetapi hasil dari pengalaman saya, itu sifatnya hanya sementara habis restart hilang, terus bila di check menyebabkan beberapa eror, alhasil nanti bila kita conect hotspot (wifi) ada keterangannya limited hha :D
terserah agan aja mau yang mana :D

setelah ujian nati insyaallah saya akan membahas semua tentang windows 8, jadi bersabar lah hhe ^^
bila agan tidak sabar dan punya masalah, silahkan buat postingan di forum pada menu di atas, insyaallah akan saya tanggapi jadi tenang aja ^^
Trimakasih ^^

Reply Delete
avatar

trus, klo komputer lain mau connect gimana caranya?

mohon di balas

Reply Delete
avatar

gampang aja itu gan,..
syarat-nya
1.komputer yng mau connect harus support wireless
2.komputer yang mau connect harus dalam jarak jangkau :D
3.tidak ada masalah dalam hardware wireles (wifi)nya ntah itu kabel putus atau apapun :D *di chek dahulu
step-nya
~.bla sudah di buat tuh jaringannya kan ada namanya tuh jaringan, *sebagai contoh di atas saya buat dengan nama Dota
~.trus, pergi ke komputer yang mau connect
~.buka interface wireless connection-nya (seperti ketika kita ingin connect wifi di sekolah atau di kafe2 gtu)
~.trus cari connection yang udah kita buat dengan nama yang di tentukan tadi, click itu terus pilih connect
~.selesai deh,.. ^^

*untuk lebih jelasnya dengan gambar silahkan ke sini gan
=> http://habiburrahman-xb.blogspot.com/2012/05/cara-penggunaan-lan-tanpa-kabel-lan.html

selamat mencoba n semoga bermanfaat ^^

Reply Delete
avatar

gan kalau mau bikin berkode lannya rubah security kodenya aja y ? dan kalau mau ganti passwordnya gimana gan setelah di beri password ?

Reply Delete
avatar

iya kalo mau di kasih pass tinggal ganti security type nya ubah ke wep atau wep2 personal,.. terserah agan,..
terus masukin deh kodenya :D
untuk WEP pass-nya minimal 5 karakter,..
untuk wep2 personal minimal 8 karakter,..

kalo mau ganti pass ya di hapus aja tuh yang udah di buat,.. terus buat baru lagi,.. soalnya gx lama kan buatnya :D

Reply Delete
avatar

gan, di windows 7 starter tidak ada set up a wireless ad hoc (computer-to-computer)network nya....

gimana?

Reply Delete
avatar

masak lha gx ada gan ?
hmm,.. bsa jdi sih,.. soalnya starter,..
starter kn emang fiturnya kurang dari yng home, n yng ultimate,.. sesuai nama-nya,.. starter,.. :D

berhubung saya gx pernah pake starter jadi solusinya saya saaranin pake aplikasi conectify aja gan,.. buat-nya dari aplikasi itu,.. cari aja di google banyak kog ^^

btw,.. knapa kog masih pake starter ? di google kn banyak yang ultimate hha :D << intermezo aja ^^

Reply Delete
avatar

kalau untuk 3 laptop atau lebih sering gak connect mas, kira-kira kenapa ya? apakah ada syarat khusus laptop untuk menjadi hostnya?

Reply Delete
avatar

wah,.. kalo syarat khusus mah saya rasa kagak ada mas anon,..
tpi sbaiknya kalo mau jadi host tu,.. cari lah laptop yang dalam kondisi prima,.. dalam segi aspek ram dan prosesor-nya mas :D semangkin tinggi semangkin bagus dan juga wireless card laptop tsb,.. :D jdai pada saat main beramai host mapu menampung dan berbagi informasi yang dikirim dari laptop yang lain dan mengelolanya :D untuk di gunakan bersama2,.. :D

kalo lebih sering gx connect mah,.. banyak faktor nya mas anon :D tapi kalo laptop saya itu bisa buat untuk bermain 10 orang (main dota), dan kuat2 aja kog mas :D dengan spec yang minim :D
Ram : 1 GB
VGA : Intel 512 MB
Prosesor : 2,00 GHz
Hardisk : 320 udah hampir penuh :D
OS : Win 7 ultimate

yang penting jarak nya masih dalam jarak jangkau dan tidak terganggu dengan frekuensi yang lain aja mas anon :D

Reply Delete
avatar

gan windows 8 saya kayak gitu juga tuh gara2 membuat sendiri dengan cmd cara nanganinnya gimana ya? limited dulu tolong bantu saya

Reply Delete
avatar

wah,.. kmaren itu pas limited sih saya troubleshoot kan gan,.. trus di repair,.. cuma gtu aja langsung balik lagi punya saya gan,..
tpi klo udah di troubleshot gx bsa ya di resto pake resto point,..
jikalau masih gx bisa lagi,.. update windows 8 nya ke windows 8.1 :D
mungkin itu saja yang bsa saya saranin gan trims ^^

Reply Delete
avatar

wah,.. kmaren itu pas limited sih saya troubleshoot kan gan,.. trus di repair,.. cuma gtu aja langsung balik lagi punya saya gan,..
tpi klo udah di troubleshot gx bsa ya di resto pake resto point,..
jikalau masih gx bisa lagi,.. update windows 8 nya ke windows 8.1 :D
mungkin itu saja yang bsa saya saranin gan trims ^^

Reply Delete
avatar

kalau hp android mau connec bisa ?

Reply Delete
avatar

kalo ke detect pasti bisa connect, hanya saja bisa internet atau tidak nya itu tergantung konfigurasi lanjut ^^

Reply Delete
avatar

permeos wta:
kalo mo gantiin jaringan kabel utp dengan nano usb wifi adpter bs ga ya? trus apakah printernya harus yang ada wifinya jg supaya bisa lan, atw sharing via server?.... rencananya hanya mo pake akses poin, ga pake ruter. tp bisa ga kalo internetnya dishare via server pake proxy?.... coz jaringan kabel utp yang udah berjalan bisa.jadi dari speedy masup ke server via wifi, trus dishare via lan sy pake software proxy 602 lansuite pro. server cm pake letop. cm mo ganti aja biar ga keliatan kabel kmn2.... mohon saran dan bantuannya, thx

Reply Delete
avatar

Bang mau tanya ...
saat saya mau buat Set up new conection or network di Network and sharing Center kok gak ada pilihan set up wireless and hoc ..seperti gambar di atas...cuman ada set up new network sampai set up dial up ....

Saya paka OS windows 10 .. dengan spek I5 ram 4GB VGA 2GB .. mohon pencerahan nya

Reply Delete
avatar

oke gan karena mulai dari windows 8 - windows 10 UI(user Interface) adhoc sudah tidak di cantumkan lagi,. nanti saya buat posting cara untk all windowsnya gan ^^
harap nantikan ya ^^

Reply Delete
avatar

butuh koneksi internet untuk main game online lewat lan gak?

Reply Delete
avatar

Kalau menggunakan cara "netsh wlan start hostednetwork" itu fungsinya sama ya gan dengan metode ini ?

Reply Delete
avatar

Mantap sekali infonya gan (y) lengkap banget =D

bacaiptek.com

Reply Delete
avatar

wah sangat bermanfaat nih gan, terimakasih ya atas informasinya

Reply Delete
avatar

gan jaringan nya masih sering putus-putus,ini ada solusi nya ga gan ?

Reply Delete
avatar

kang bgmana cara memperkuat sinyalnya agar lebih dari 32 kaki ?

Reply Delete