| Terimakasih atas kunjugnan sobat bloger, Semoga artikel-artikel yang saya buat dapat bermanfaat | Sobat bloger juga dapat melihat semua isi artikel saya di menu Daftar Isi | Dan saya memohon doa sobat sekalian agar saya dapat mewujudkan tujuan dan cita - cita saya ^^ Terimakasih, Salam Bloger |

Kamis, Oktober 19, 2017

thumbnail

Hidup Ini Penuh Arti, Jangan Disia-siakan !!!

Ketapang, 21 September 2006


Bermain di kancah kehidupan nyata memberikan banyak arti. Memberikan makna yang tidak akan pernah bisa hanya dengan diceritakan, tapi mesti harus dijalani. Dari setiap periode dan masa kehidupan manusia di dunia ini. Semuanya baru diketahui setelah mereka sendirilah yang telah menjalaninya.
Mereka baru menyadari kenapa orang tua mereka tidak sempat berpikir untuk menjadi orang sukses, layaknya pikiran mereka saat ini (sebelum menjalani kehidupan nyata). Dimana bagi mereka, menciptakan masa depan yang indah dan menyenangkan itu begitu mudah. Mereka belum mengerti bahwa untuk menjadikannya kenyataan tidaklah semudah dengan apa yang mereka pikir dan khayal di otak mereka.
Sangat begitu mudah sekali berkhayal dan bermimpi menjadi orang sukses yang kaya raya, saat sebelum menjalani permainan kehidupan ini yang sesungguhnya. Tapi, begitu mereka telah terjun di kancah permainan kehidupan yang sesungguhnya, mungkinkah mereka bisa menjadikan nyata mimpi-mimpinya yang dulu itu?!
Semoga saja apa yang mereka impikan dulunya, bisa dijadikan nyata saat ini. Saat dimana mereka telah terjun di kancah permainan kehidupan yang sebenarnya. Hingga mereka baru menyadari bahwa kehidupan sukses itu bukanlah diciptakan hanya dengan mimpi, tapi juga sangat dibutuhkan orang besar di belakang mimpi-mimpi tersebut.
Tidak cukup hanya dengan disokong oleh orang besar, tapi juga dibutuhkan ketulusan hati yang dalam untuk sanggup memenuhi janji-janjinya tersebut hingga semuanya benar menjadi kenyataan. Tidak akan pernah berhenti maupun putus asa walau apapun yang terjadi sebelum mimpi-mimpinya tersebut telah menjadi kenyataan.
Kunci untuk semua keberhasilan, kita hanya butuh  menyayangi hidup kita yang sekali ini. Jangan pernah menyia-nyiakannya. Hanya karena keterburu-buruan untuk menjadi orang sukses yang kaya raya, kebanyakan orang sanggup menjual waktu, tenaga, dan pikirannya untuk janji masa depan yang belum jelas. Mereka sanggup membuang pengalaman kerjanya di usaha awal, lalu mencoba kembali usaha yang baru hanya karena terdengar lebih mudah dan lebih menguntungkan serta masih hot.
Memang benar, ada masanya suatu kerja atau usaha harus kita tinggalkan jika sudah tidak bisa lagi memberikan hasil. Tapi, kita juga mesti tahu kapan keputusan itu harus kita ambil. Apakah kita harus berhenti sebelum target kita tercapai? Ataukah kita harus berhenti sebelum masa yang kita targetkan selesai? Inilah yang harus kita matangkan dahulu sebelum kita mengambil keputusan untuk  memulai usaha yang baru.


Kenapa?
Karena jika kita tidak sanggup untuk menentukan dan memilih keputusan yang tepat, maka silahkan boleh percaya atau tidak, semua usaha yang kita bangun akan membuahkan hasil kegagalan. Karena begitu banyak tantangan yang harus kita lewati saat memulainya dengan tujuan dan target yang kurang jelas, maka salah satu dari sekian banyak tantangan tadi akan membuat kita mundur sebelum mencapai garis akhir.
Kembali lagi, kenapa ini bisa terjadi, karena target dan tujuan yang tidak jelaslah yang menjadikan hal itu. Karena perahu yang kita naiki begitu mudah diombang-ambing oleh arus kehidupan yang terlalu banyak memberikan penilaian tentang cara melakukan perjalanan kehidupan ini dengan benar. Padahal mereka sendiri berada dalam kesulitan kehidupan atau korban dari permainan kehidupan.
Untuk itu, sekali lagi, jangan sia-siakan hidup kita yang berarti ini. Cobalah untuk sedikit bersabar hingga target dan tujuan yang ingin kita capai telah tergapai, barulah kita boleh coba berpikir jenis usaha baru lain yang akan kita geluti selanjutnya.
Janganlah terburu-buru memutuskan bahwa usaha yang sedang kita geluti saat ini memang tidak cocok buat kita lagi. Tapi, coba kembali ke impian kita dahulu sebelum membangun usaha tersebut, apakah kita akan berhenti di sini sebelum apa yang kita impikan dulu menjadi nyata lewat usaha ini !?
Tidakkah kita bisa menyadari bahwa kerja dan kinerja kita untuk usaha tersebut belumlah seberapa. Coba kembali bayangkan, apakah kita benar-benar sudah berkomitmen habis-habisan dulunya untuk sepenuh hati mensukseskan usaha yang kita geluti ini?
Rasanya Tuhan saja tidak akan tega membiarkan usaha hamba-Nya yang sepenuh hati tanpa sedikitpun hasil. Bahkan pencuri sekalipun, jika terus dan terus coba mencuri, maka suatu hari Tuhan pun juga akan mengabulkan keinginannya. Apalagi kita yang sedang menjalankan usaha yang benar?
Kita juga harus menyadari bahwa tidak ada namanya membangun suatu usaha tanpa ujian dan cobaan. Kesemuanya ini adalah tantangan buat kita supaya Tuhan bisa melihat kebenaran dan keteguhan hati kita yang sesungguhnya terhadap impian yang akan kita jadikan nyata tersebut lewat usaha yang sedang kita bangun saat ini. Jadi, kenapa kita harus mundur sebelum semuanya menjadi kenyataan!?
Apakah ada jalan membangun usaha yang tanpa ada tantangan? Cobalah untuk merenungkan semuanya sekali lagi! Apakah ada hidup yang tanpa ada kesulitan? Apakah ada jalan tanpa belokan atau liku-liku? Apakah ada manis jika tanpa ada pahit? Semuanya adalah suatu perpaduan kehidupan yang harus kita temukan jawabannya. Karena yang namanya kesulitan adalah teka-teki yang belum terpecahkan. Untuk itu, merenung dengan hati bersih dan tenang itulah jalan penyelesaian yang baik. Bukan keterburu-buruan memberikan keputusan dan akhirnya menjadi suatu keputusan yang salah.
Saat kesalahan keputusan terjadi, maka sekali lagi kita telah menyia-nyiakan hidup kita yang sekali ini. Kenapa? Karena waktu hidup kita yang telah hilang, tidak akan bisa berulang kembali. Jadi, sebelum mengambil keputusan, pikirkan sekali lagi, apakah ada jalan usaha lain yang bisa menjadikan nyata impian kita tersebut dengan lebih mudah dan cepat daripada usaha yang telah kita geluti saat ini!?
Mudah-mudahan kita semua mendapatkan jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut! Masa depan kita bergantung pada jawaban tadi yang akan menjadi penentu keputusan yang akan kita ambil. Keputusan yang kita ambil itu akan mempengaruhi pola pikir dan semangat kita dalam memandang masa depan. Masa depan itulah tujuan hidup kita semuanya. Akan menjadi apa masa depan kita, itu semua ditentukan oleh keputusan kita saat ini. Karena masa kita saat ini, itu semua ditentukan oleh keputusan kita dulunya. Jadi, hati-hatilah mengambil keputusan, sebelum keputusan kita saat ini akan memakan masa depan kita kelak.

By : Sang Pengamat Kehidupan


Subscribe by Email

Follow Updates Articles from This Blog via Email

No Comments